Rabu, 12 Oktober 2016

IPA-Kesehatan Reproduksi-Fiqih-Adab


Gadisku hari ini belajar tema pertumbuban manusia. Menurutku, ini merupakan salah satu titik penting perjalanan seorang anak perempuan yang menuntut kehadiran kita, ibunya.
Pertama, ia belajar ciri-ciri perempuan dewasa. Diperkaya dengan buku reproduksi (untuk pemula) kami belajar proses yang terjadi sebelum akhirnya darah haidh itu keluar setiap bulannya. Gadisku manggut-manggut mengiyakan. Kami juga belajar perjalanan proses sel telur itu menuju rahim dan terjadi pembuahan. 



Sementara ini, saya melewatkan bagian saat sel telur dibuahi sel sperma. Kami melihat gambar perjalanan sel telur yang tidak dibuahi (oleh perempuan yang belum menikah). Karena kami belum belajar bab fiqih nikah, kami melewatinya dulu. Setelah itu kami mempelajari kesehatan reproduksi, cara mencatat tanggal haidh, menghitung siklus, juga menjaga kebersihannya.

Hal penting lain adalah mempelajari cara mandi besar, sebuah ilmu wajib dalam ajaran Islam. Kami juga mempelajari adab pergaulan. Saat seseorang dewasa, ia telah diwajibkan atas semua syariat, termasuk adab bergaul. Tidak bercampur baur dengan lawan jenis, menjaga pandangan, dan seterusnya.

Bab ini ada di materi IPA kelas 6 SD. Usia yang pada zaman sekarang ini mulai memasuki dewasa. Ayah, Ibu, hadirlah....dampingi dan persiapkanlah anak-anakmu memasuki masa dewasanya.

Tulisan di atas saya salin dari laman Facebook saya tanggal 9 Agustus 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar